Skip to content Skip to navigation

Pustaka Palestina di Melbourne

Oleh: Putu Laxman Pendit

 

Melbourne adalah salah satu dari 20 Kota Literatur pilihan UNESCO dan di sini lah kita bisa menemukan 31 perpustakaan umum yang menyediakan informasi alternatif bagi serbuan informasi Internet tentang Palestina.

Demonstrasi demi demonstrasi pro-Palestina masih berlangsung di Melbourne sampai sekarang. “Perang” di media sosial pun tak kunjung padam. Tapi bukan hanya hiruk pikuk serba instan di Internet dan di “parlemen jalanan” saja yang memenuhi ruang publik Melbourne.
 

KONTRIBUSI IKATAN SARJANA ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI INDONESIA DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME PUSTAKAWAN

Abstrak: Pengembangan profesionalisme pustakawan merupakan bagian dari penguatan profesi dan meningkatkan kredibilitas. Peningkatan profesionalisme pustakawan diperlukan juga peran dari asosiasi profesi seperti Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi (ISIPII). Penelitian ini akan menjelaskan kontribusi Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia dalam pengembangan pustakawan.

Workshop Knowledge Management

 

Workshop Knowledge Management (KM):  Sebuah cara mengeskalasi kompetensi-kinerja individu dan organisasi, yang diadakan di Kota Yogyakarta pada 16--19 November 2023.

 

Workshop ini menghadirkan KM dan Monev Specialist Lira Redata dengan keynote speaker Dosen Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada,  Ida Fajar Priyanto, Ph.D didampingi oleh fasilitator berpengalaman.

 

Pembelajaran melalui experential learning, ikut merasakan, bertemu dan berdiskusi langsung dengan warga lokal Yogyakarta dalam aktivitas outdoor yang menyenangkan.

 

Koperasi ISIPII: Koperasi Organisasi Pustakawan Pertama di Indonesia

Koperasi Jasa Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan Informasi dan Kearsipan atau Koperasi ISIPII ditetapkan pendiriannya pada 12 Mei 2023, sesuai dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0001899.AH.01.29.Tahun 2023 di Jakarta.
Pendirinya berjumlah 12 orang, yaitu Ade Farida, Amelia Marihesya, Arief Wicaksono, Cahyo Trianggoro, Dedi Rosyadi, Dhian Deliani,  Farli Elnumeri, Hani Qonitah, Lira Redata, Luthfiati Makarim, Triana Dyah, dan Wien Muldian. Berkedudukan di Provinsi DKI Jakarta dengan wilayah keanggotaan lintas provinsi atau nasional.

Perkuat Kapasitas SDM Perpustakaan, Dispusip DKI Jakarta Gandeng ISIPII Berkolaborasi

Jumat (16 Juni 2023) Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) DKI Jakarta, Bapak Firmansyah, S. Pd., M. Pd. menerima audiensi Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII) di ruang kerjanya. "Keberadaan perpustakaan harus dekat dengan masyarakat penggunanya, manfaatnya harus dirasakan langsung, oleh karena itu kapasitas SDM perpustakaan harus diperkuat, salah satunya adalah melalui membangun kembali kebiasaan membaca', itulah yang  dihighlight oleh Bapak Firmansyah selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip DKI Jakarta.

Koperasi ISIPII: Koperasi Organisasi Pustakawan Pertama di Indonesia

Pengantar

ISIPII sebagai Ikatan Sarjana Profesi turut mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) sebagai program PBB yang diluncurkan pada bulan September 2015 dan dikenal sebagai Agenda PBB 2030: Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dukungan ini tidak terlepas dari arahan IFLA (International Federation of Library Associations and Institutions) yang dengan jelas mengemukakan keterlibatan Perpustakaan dan Pustakawan dalam mendukung implementasi SDGs di negaranya, sesuai arahan Perpustakaan Nasional dengan duduk dan bergerak bersama.

Pages

Subscribe to ISIPII RSS

Acara

12/31/2023 - 23:49

Segenap keluarga besar ISIPII mengucapkan Selamat Tahun Baru 2024

Berita

02/19/2024 - 20:16

Halo Sobat Perpus!!

Kolaborasi internasional membuka banyak pintu bagi pustakawan untuk tumbuh secara profesional, memperkaya layanan dan memberikan kontribusi yang lebih besar pada masyarakat dan dunia pengetahuan.

Strategi apa saja yang perlu dikembangkan oleh perpustakaan dalam kancah internasional?

Kolom pakar merupakan wadah yang disediakan oleh website Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia yang memuat semua tulisan-tulisan para pakar dalam dunia perpustakaan di Indonesia, seperti Prof. Sulistyo Basuki, Bapak Blasius Sudarsono, MLS, dan Bapak Putu Laxman Pendit, Ph.D.

Selengkapnya

Artikel

01/07/2024 - 19:34

Tahun 1999, setahun setelah kerusuhan, negara ini mulai menata kehidupan sosialnya. Sebuah orde lahir. Dan di usianya yang muda, orde reformasi merangkak tertatih seperti bayi yang baru berjalan.