Skip to content Skip to navigation

Artikel

Perpustakaan Sekolah Belum Optimal

KOMPAS/LARASWATI ARIADNE ANWAR

Pegiat Yayasan Ayo Membaca Indonesia Dewi Utama Fayza (tengah) menjelaskan bacaan anak bersumber dari tradisi lokal sebagai materi literasi di sekolah.

JAKARTA, KOMPAS — Perpustakaan sebagai pusat literasi belum berkiprah maksimal. Dibutuhkan penguatan perpustakaan sekolah beserta pembangunan jaringan dengan taman-taman bacaan di masyarakat guna memastikan gerakan literasi berjalan.

Laporan Pemantauan IFLA Mengenai keadaan Natalya Sharina, Direktur Perpustakaan Sastra Ukrainia di Moscow

IFLA sedang memantau keadaan Natalya Sharina, Direktur Perpustakaan Sastra Ukrainia di Moscow. Menindaklanjuti kejadian penyerangan terhadap Perpustakaan di Ukraina pada Oktober 2015. Saat itu ada dugaan bahwa buku-buku yang dilarang beredar oleh pemerintah Rusia berada di Perpustakaan, Natalya ditangkap dengan tuduhan menghasut dan menyebarkn kebencian antar etnis. Beliau juga didakwa melakukan penggelapan. Setelah beberapa hari di penjara, Natalya ditempatkan dan selanjutnya diberlakukan sebagai tahanan rumah.

Tips Mengenali Informasi Palsu

Bu Harkrisyati Kamil bersama Bu Murtini Pendit, Ade Farida, dan Yuli Asmini mencoba menerjemahkan infografis mengenai tips mengenali informasi palsu yang dirilis oleh IFLA melalui https://www.ifla.org/publications/node/11174 Informasi ini berguna bagi para pustakawan dan pengelola informasi agar jangan sampai terjebak dengan informasi palsu, baik itu hoax atau fake news. 

Pages