Skip to content Skip to navigation

Pengembangan Repositori dan Depositori Pengetahuan Indonesia Melalui Akses Internet Publik

Perpustakaan berperan penting dalam penyusunan kebijakan mengenai tata kelola internet baik di tingkat regional, nasional, dan global untuk menghadapi tantangan perubahan teknologi dan untuk tercapainya Sustainabel Development Goals (SDGs). Partisipasi perpustakaan dalam Internet Governance Forum (IGF) diperlukan untuk memastikan kebijakan tentang pengembangan internet dapat mencakup prinsip-prinsip seperti; menjamin akses publik ke informasi dan pengetahuan melalui internet; memperjuangkan dan mempromosikan Pasal 19 Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB; serta membuat kerangka kerja hak cipta yang berimbang.

Karena itu sudah saatnya perpustakaan di Indonesia juga mulai aktif ikut dalam diskusi-diskusi tentang tata kelola internet ini. Dalam rangkaian Dialog Nasional Tata Kelola Internet Indonesia 2016, Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII) ikut ambil bagian dalam salah satu sesi paralel untuk masalah Sosial Budaya. Diskusi ini akan diadakan Gedung BPPT Jakarta, tanggal 15 November 2016.

Sesi ini akan bertema Pengembangan Repositori dan Depositori Pengetahuan Indonesia Melalui Akses Internet Publik. Dengan narasumber:

Ismail Fahmi (Indonesia One Search/Konsultan Perpustakaan Nasional)
Joko Santoso (Perpustakaan Nasional)
Nuning Kurniasih (Universitas Padjajaran)
 
Moderator: Harkrisyati Kamil (Komunitas Perpustakaan)
Rapporteur: Yuli Asmini (Komnas HAM)
 
Sebelumnya ISIPII dan Perpustakaan Nasional juga sudah mengadakan diskusi pendahuluan tentang Tata Kelola Internet ini pada awal November lalu bertajuk Urun Rembug Pustakawan Dalam Tata Kelola Internet di Indonesia.
 
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran peserta dapat dilakukan di:

 

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.