Skip to content Skip to navigation

ISIPII-Perpustakaan Nasional RI Tingkatkan Kerja Sama

Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII) dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman Bersama untuk dapat meningkatkan kerja sama di antara kedua belah pihak. Penandatangan dilaksanakan di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Selasa (2//5).

Nota Kesepahaman Bersama ditandatangani oleh Presiden ISIPI, Farli Elnumeri dan Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando. Selain dengan ISIPII, Perpustakaan Nasional juga melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) yang ditandatangani oleh Ketua FPPTI, Imam Budi Prasetiawan.

Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama di antara pihak dalam lingkup, pendidikan, penelitian publikasi, pengembangan koleksi, serta pengembangan dan perluasan  jejaring perpustakaan dan kepustakawanan dalam lingkup nasional maupun internasional.

Dalam sambutannya Kepala Perpustakaan Nasional mengatakan bahwa asosiasi perpustakaan sekarang ini harus bisa melobi penentu kebijakan di Indonesia agar keberadaan perpustakaan diakui dan diberi tempat yang layak baik di pusat dan daerah.
Pendekatan kepada pembuat kebijakan sudah dilakukan oleh Perpusnas yang hasilnya bisa dilihat dari berbagai parameter.
 
Parameter yang terlihat jelas dan konkret  adalah peningkatan anggaran perpustakaan  dan disetujuinya  alokasi dana desa untuk  pengembangan  perpustakaan di desa. Pentingnya lobi terhadap pembuat peraturan dan kebijakan oleh pihak yang berkepentingan terhadap perpustakaan  adalah karena sebuah visi dan misi hanya akan menjadi dogma apabila tidak diterjemahkan dalam suatu regulasi yang konkret.
 
Sumber : Perpustakaan Nasional

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.